SURAT PENGANTAR

 

Nomor        : 21/III/2013

Lampiran : -

Perihal        :  Laporan Psikogram sesuai  jumlah alat test yang dipakai

 

 

Bapak dan Ibu yang terhormat para pembaca proposal Biro Psikologi Dasa Bratha,

 

Banyak proposal yang masuk, banyak pula bentuk psikogram dan banyak pula macam alat psikotes yang digunakan.

  1.      Kalau proposal masuk biasanya yang dipilih yang paling murah harganya.
  2.      Bentuk psikogram yang dipilih yang sederhana dan sesuai kebutuhan
  3.      Alat psikotest  yang digunakan banyak, tetapi hasilnya tidak  semua dilaporkan

 

Padahal penawaran proposal oleh pembuat proposal sudah dipikirkan berdasarkan :

  1. Jumlah alat yang dipakai, makin banyak alat yang dipakai validitas dan reliabiltas makin tepat.
  2. Banyak Psikolog dalam laporan psikogramnya hanya menyebutkan baik, cukup baik, cukup, agak cukup, agak kurang atau kurang, tanpa menyebutkan berapa jumlah soal tiap-tiap itemnya, dan berapa jumlah betulnya tiap-tiap itemnya. 
  3. Juga apakah pemeriksaan secara manual ataukah sudah menggunakan LJK (Lembar Jawaban Komputer)
  4. Kalau secara manual lembar jawaban bisa berbetuk photo copy, sedangkan kalau komputerisasi semua lembar jawaban komputer dicetak, bukan diphoto copy.
  5. Demikian pula interpretasi manual cara memeriksa lembar jawaban satu persatu atau pakai plong- plongan / lubang-lubang koreksi, sedangkan kalau psikolog yang sudah menggunakan system kompterisasi, lembar jawaban tinggal di-scan yang kecepatannya 40 permenit.
  6. Kalau interpretasi manual artinya si Psikolog harus mengetik laporan kata demi kata.
  7. Sedangkan kalau sudah komputerisasi, setelah data pekerjaan di scan, kemudian diproses oleh komputer, maka bentuk psikogram dan uraian kata-katanya tingal di print sudah jadi
  8. Bentuk Psikogram Biro Psikogi Dasa Brata mohon dibandingkan dengan psikogram yang ditawarkan oleh biro lain yang lebih mahal atau lebih murah harganya.

 

 

 

Biro Psikologi Dasa Bratha sudah sejak tahun 2010 yang lalu telah menggunkan system komputerisasi memakai DMR (digital mark reader), lembar jawabnya menggunakan LJK (lembar Jawaban Komputer) dua warna, sehingga para peserta tidak menggunakan pensil 2B lagi, tidak harus menghitankan bulatan-bulatan, tetapi cukup hanya membuat silang pada lembar jawaban, dan kalau salah tinggal dibetulkan memakai  tip-ex (paper corection).

Begitulah maka penawaran harga proposal yang dibuat oleh Biro Psikologi Dasa Bratha lebih tinggi atau lebih mahal dari biro-biro yang lain, karena laporan psikogram dibuat secara lengkap sesuai alat test yang dipakai dan bukan hanya dicomot untuk yang penting-penting saja (laporan psikogtam dapat diperiksa seperti pada setiap psikogram Biro Psikologi Dasa Bratha). 

 

Biro Psikologi Dasa Bratha

Pimpinan,

  

Drs. H. Darmasutapa, Psikolog

Izin Praktek Psikologi No.0012-05-1-1